Pendakian Gunung Prau Via Wates - PrauTrip

 Bukit Rindu Gunung Prau Via Wates

Gunung Prau Via Wates

Basecamp Gunung Prau Via Wates terletak dikecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, Basecamp Wates berada diketinggian -+1685MDPL.
Jalur Pendakian Via Wates memiliki jarak tempuh 3-4jam, dengan track yang bisa dibilang mudah(landai), jalur ini memiliki 3pos dengan jarak tempuh 30menit-60menit untuk setiap posnya.

Tersedia juga Jasa Porter bagi kalian yang  belum/tidak siap membawa beban berat menuju puncak gunung, solusi yang tepat untuk memanfaatkan jasa porter gunung.

Berikut estimasi pendakian Gunung Prau via Wates.

Basecamp - Pos1
Kalian akan melewati jalan beton dengan view ladang petani dan desa wates, dengan estimasi waktu 45menit, ada ojek yang siap mengantar kalian sampai pos 1 dengan biaya 25.000/orang.

Pos1(Blumbang Kodok) - Pos2
Pos1 yang berada diketinggian 1977MDPL, disini kalian sudah bisa menikmati keindahan Gunung Sindoro, dengan track yang cukup mudah menuju pos2, kalian bisa sambil menikmati sejuknya udara dihutan cemara, estimasi waktu 30menit untuk sampai dipos2.

Pos2 (Cemaran) - Pos3
Dipos2 masih dengan suasana sejuknya udara dihutan cemara, pos2 berada diketinggian 2112MDPL, tracknya yang mudah membuat perjalanan semakin bisa dinikmati, estimasi jarak tempuh dari pos2 menuju Pos3 30-45menit, dipos3 bisa menjadi pilihan sebagai tempat camp, karena tempatnya yang luas dan dekat dengan sumber air.

Pos3 (Sudung Dewo) - Bukit Rindu (Camp Area)
Pos3 berada diketinggian 2375MDPL, dijalur ini kalian melewati track yang cukup terjal yang disebut dengan Tangga Cinta, dilanjutkan track landai dengan pemandangan yang indah disebelah kanan jalur pendakian, estimasi waktu dari Pos3 menuju Bukit Rindu 20-30menit.

Bukit Rindu - Pelawangan (Camp Area)
Hanya butuh waktu 20menit kalian sudah bisa sampai dipelawangan, tempat camp yang cukup rekomendasi untuk menjadi pilihan.
Dengan 1 titik track yang cukup extrem menjadi tantangan untuk sampai dipelawangan.

Pelawangan - Cemoro Tunggal (Camp Area)
Jalur yang landai dan sabana yang luas menjadi pemandangan yang cukup memanjakan mata, dengan estimasi waktu 20menit kalian sudah sampai dicemoro tunggal, tersedia tempat camp yang cukup luas bisa menjadi pilihan.

Kelebihan dan Kekurangan Jalur Wates

Gunung Prau Via Wates memiliki jalur yang bisa dibilang landai dan pemandangan yang sangat indah, namun demikian jarak tempuhnya yang bisa dibilang jauh, dengan jarak tempuh 3-4jam untuk menuju sunrise camp.
Namun kalian bisa memilih camp area yang tersedia diBukit Rindu, Pelawangan dan Cemoro Tunggal, tempat tersebut bisa menjadi pilihan untuk camp yang tentunya viewnya juga tidak kalah indah dari tempat lainya.
(Tidak ada tempat yg tidak indah diGUNUNG PRAU hehehe)
Yang membedakan dijalur Gunung Prau Via Wates adalah sumber air yg terletak tidak jauh dari Pos3 yang ditandai dengan Pos Air, yang jalur lain tidak memilikinya.
Sehingga banyak pendaki yang memilih jalur ini agar tidak membawa beban air dari basecamp lalu mengambil air langsung dari sumbernya.

Sumber Mata Air Jalur Wates
(Pos Air Gunung Prau Via Wates)


Alasan Pendaki Memilih Jalur Wates
  1. Akses Basecampnya cukup mudah dilalui kendaraan.
  2. Tempat parkir yang luas, sehingga memudahkan pendaki yang menggunakan kendaraan pribadi.
  3. Tersedia Toilet, Tempat ibadah, warung makan dan tempat istirahat yg cukup luas.

Syarat Pendaftaran
  1. Foto Copy KTP/Asli atau identitas Lainya.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran
  3. Alat dan Logistik yang Cukup.
  4. Selanjutnya akan dibriefing Petugas Basecamp Tentang Peraturan Pendakian.
  5. Harga pendaftaran 30.000/Orang.
Tempat Registrasi Gunung Prau Via Wates
(Tempat Pendaftaran)


Demikian sekilas tentang Gunung Prau Via Wates.

Perlu diketahui bahwa ada enam jalur pendakian resmi Gunung Prau yaitu jalur Patak Banteng, jalur Kalilembu, jalur Dieng, jalur Igirmranak, Jalur Dorowati dan jalur Wates yang semuanya mempunyai kekurangan dan kelebihan disetiap jalurnya, namun point pentingnya adalah semua jalur Gunung Prau rekomendasi untuk pemula.

INFO LEBIH LANJUT
HUBUNGI KAMI
Qohar (PrauTrip Management)


Jasa yang kami sediakan:

0 Komentar